Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Hasil Pemilihan?

   from : NURYADI   


Tegal - Penghelatan akbar Pemilihan Kepala Departemen Kesiswaan telah berlangsung hari Sabtu, 28 Mei 2011, diikuti 159 pemilih (87%) dari total 183 warga SMK Negeri 3 Tegal, dengan perolehan suara masing-masing kandidat sebagai berikut : 
 -  Arief Kusnandar, S.Pd, M.Pd : 41 suara (26%)
 -  Eko Haryanto, S.Pd : 52 suara (33%)
 -  Heri Pramono, S.Pd : 51 suara (32%)
     -  Suara rusak/ tidak syah : 15 suara (9%) 
    Berdasarkan aturan yang berlaku, perolehan suara terbanyak (33%) ditetapkan sebagai Kepala Departemen Kesiswaan SMK Negeri 3 Tegal.

    Gambar Kandidat : Arief Kusnandar, Heri Pramono, Eko Haryanto
    Fenomena pemilihan, umumnya lebih melihat bagaimana faktor pemilih dan figur kandidat akan mempengaruhi jalannya pemilihan. Kemenangan kandidat  merupakan suatu perwujudan dari fenomena bahwa pemenang pemilihan merupakan pihak yang mendapatkan dukungan mayoritas. Hal ini berlaku juga bagi pihak yang pada akhirnya disebut sebagai pihak yang kalah adalah pihak yang tidak mendapatkan mayoritas dukungan suara. Hal ini disebabkan pihak yang kalah dianggap tidak dapat menjembati suara pemilih, sedangkan pemenang pemilihan merupakan figur yang dianggap mampu menyuarakan keinginan pemilih. Oleh karenanya dalam pemilihan, suara mutlak adalah suara pemilih yang dalam hal ini adalah peserta pemilihan. 
    Selain faktor di atas, dipengaruhi juga paling tidak tiga hal, diantaranya : pertama, situasi terjadinya pengelompokkan diri pemilih. Ini bisa terjadi karena situasi kondisi yang memungkinkan adanya pengelompokkan itu sendiri. Kedua isu-isu tertentu yang berkembang saat itu yang mendorong kecenderungan pemilih berpihak terhadap suatu kandidat. Dukungan pemilih terhadap kandidat juga dipengaruhi oleh bagaimana kandidat menyikapi isu tersebut. Ketiga kualitas kandidat seperti kemampuan kandidat menurut pandangan para pemilih yang menggambarkan kualitas kandidat tersebut berdasarkan sifat kesehariannya seperti kerendahan hati, kesederhanaan, dan sebagainya. Masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi suatu hasil pemilihan.

    Related Posts:

    Loading...
    Comments
    0 Comments