Sebanyak 96 Siswa SMK mengikuti Ujian Profesi Pelaut ANKAPIN II dan ATKAPIN II

   from : Toto Bina Putra, S.Pi  
Tegal - Sejumlah 96 siswa SMK mengikuti ujian profesi pelaut Ahli Nautika dan Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan (AN/ATKAPIN II), yang diselenggarakan di SMK Negeri 3 Tegal di Gedung Aisyiyah Kota Tegal. Ujian tersebut diikuti siswa SMK jurusan Nautika dan Teknika dari berbagai daerah seperti Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Purworejo.
Ujian ANKAPIN II diikuti 53 siswa kelas XII dan empat peserta remedi, sedangkan ATKAPIN diikuti 39 siswa kelas XII. Ujian dilaksanakan selama satu minggu mulai 24 – 31 januari 2012, secara resmi dibuka oleh Kepala UPTD SMK 3 Tegal Bapak Ibnu Hajar Dewantoro, S.T.P. Materi yang diujikan ANKAPIN 17 materi dan 14 materi yang diujikan peserta ATKAPIN. Selain menggerjakan ujian tertulis, peserta juga harus mengikuti ujian praktek (uji komprehensif). Peserta ujian adalah SMK Pelayaran Jurusan Nautika dan Teknika di mana telah lolos verifikasi yang dilakukan Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Jakarta. 
Hasil verifikasi Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Lau Dewan Penguji Keahlian Pelaut Nomor : BPP-DPKP/UM/06/III/09 tanggal 24 Maret 2009 dan PUKP-KAPIN Wilayah IV dengan Nomor Surat : UN.II.09/PUKP-KAPIN/WIL.4/IV/09, tanggal 20 April 2009. SMK 3 Kota Tegal diijinkan sebagai Penyelenggara Ujian AN/ATKAPIN II. Verifikasi dilakukan untuk menyamakan standar kompetensi di luar negeri dan dalam negeri baik peralatan maupun sumberdaya manusia (tenaga penggajar). Adapun wilayah binaan PUKP-KAPIN IV meliputi Jateng, Jatim, DIY, NTB dan NTT,
Ujian diawasi Capt. RADZAMAN SIPAYUNG, M.Sc sebagai Tenaga Penguji dan Supervisi DPKP (Dewan Penguji Keahlian Pelaut) dari Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Jakarta, serta Bpk. MASKURI, S.Pi, M.Si sebagai Penguji dan Supervisi dari PUKP-KAPIN (Panitia Ujian Keahlian Pelaut Kapal Penangkap Ikan) Wilayah IV. 
Menurut Capt. RADZAMAN SIPAYUNG, M.Sc saat ini tenaga pelaut sangat dibutuhkan baik di dalam maupun luar negeri karena diluar negeri warga yang berminat bekerja di laut jauh berkurang. Hal ini dikarenakan upah bekerja di darat dan di laut sama, sehingga banyak tenaga pelaut yang pindah bekerja di darat. Negara asing butuh banyak tenaga pelaut. Mereka mencari disejumlah negara termasuk Indonesia. Dengan demikian peluang kerja dibidang kelautan masih terbuka luas. 

Pembukaan
Ujian Tertulis 
  Ujian Komprehensif

Ankapin II adalah Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan dan Atkapin II adalah Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan adalah sertifikat profesi pelaut yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan bekerja sama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan yang diakui di tingkat internasional. Peserta ujian AN/ATKAPIN II adalah SUPM dan SMK Program Keahlian Nautika dan Teknika dimana sekolah tersebut telah diverifikasi tiem PUKP – KAPIN Pusat dan dinyatakan Lulus.

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments