ANJURAN MELEPASKAN ALAS KAKI SAAT MAKAN
Makan adalah kebutuhan hidup yang sulit, bahkan mustahil secara akal untuk ditinggalkan. Siapa coba manusianya di dunia ini yang tidak butuh akan makan ? kalau ada berarti dia bukan MANUSIA, tapi MALAIKAT. Hehe
Disaat makan, tidak sedikit dari kita yang dalam keadaan memakai sandal dan sepatu. Tapi juga tidak jarang yang tanpa beralas kakikan sama sekali. Meski kesemuanya benar, hanya saja Rasululloh SAW mengajarkan kepada kita “ Bahwa disaat makan itu tata krama yang baik adalah dengan melepaskan sandal yang kita pakai “. Dalam sebuah riwayat disebutkan ;
اخلعوا نعالكم عند الطعام فإنها سنة جميلة
Lepaslah sandal kalian semua saat hendak (memakan) makanan. Sesungguhnya yang demikian itu adalah perilaku yang bagus.
إذا جلستم فاخلعوا نعالكم تسترح أقدامكم
Ketika kalian semua duduk, lepaskanlah sandal kalian, maka telapak kaki-telapak kaki kalian semua itu akan memperoleh kelegaan (kesenangan)
إذا قرب إلى أحدكم طعامه وفي رجليه نعل فلينزع نعليه فإنه أروح للقدمين وهو من السنة
Ketika makanan salah satu dari kalian didekatkan kepadanya, sedang dikakinya (masih memakai) sandal, maka lepaskanlah kedua sandalnya. Karena sesungguhnya yang demikian tersebut itu lebih bisa membuat lega terhadap telapak kaki-telapak kaki. Dan in merupakan bagian dari perilaku (Rasululloh SAW)
Di atas adalah beberapa riwayat yang menjelaskan tentang anjuran melepas sandal dikala makan.
Anjuran tersebut tidak bersifat mewajibkan, beliau hanya sekedar menunjukkan mengenai tata krama yang baik disaat makan. Ini diperkuat dengan riwayat lain yang berbunyi ;
أيها الناس إنما خلعت نعلي لأنه أروح لقدمي فمن شاء فليخلعها ومن شاء فليصل فيهما
Wahai para manusia, saya melepaskan sandalku tidak lain hanya karena hal tersebut itu lebih bisa membuat jadi lega telapak kakiku. Jadi, barang siapa menghendaki (untuk melepaskan), maka lepaskanlah sandalnya, dan barang siapa menghendaki (untuk tidak melepaskan), maka letakkanlah telapak kakinya dalam kedua sandalnya
Itu semua permasalan perihal sandal. Sedangkan kalau SEPATU, tidak ada anjuran untuk dilepas saat makan, karena akan terlalu ribet dalam melepaskan dan memakainya kembali.
FAIDH AL QADIIR, lii Muhammad Abdurrouf al Munawiy, juz.1, halaman.283, 420 & 534
(اخلعوا) بكسر الهمزة واللام أي انزعوا (نعالكم) وإن كانت طاهرة يقال خلع نعله إذا نزعه وفي القاموس الخلع كالمنع النزع إلا أنه فيه مهانة (عند الطعام) أي عند إرادة أكله (فإنها) أي هذه الخصلة التي هي النزع (سنة) أي طريقة وسيرة (جميلة) أي حسنة مرضية لما فيه من راحة القدم وحسن الهيئة والأدب مع الجليس وغير ذلك والأمر للإرشاد بدليل خبر الديلمي عن ابن عمر مرفوعا أيها الناس إنما خلعت نعلي لأنه أروح لقدمي فمن شاء فليخلعها ومن شاء فليصل فيهما. والنعل كما في المصباح وغيره الحذاء وهي مؤنثة وتطلق على التاسومة ولما كانت السنة تطلق على السيرة جميلة كانت أو ذميمة بين أنها جميلة هنا أي حسنة مرضية محبوبة وبذلك علم أن المراد بالسنة هنا المعنى اللغوي وإلا لما احتاج لوصفها بما ذكر وخرج بحالة الأكل حالة الشرب فلا يطلب فيها نزع النعل كما هو ظاهر ومثل النغل القبقاب ونحوه لا الخف فيما يظهر.
………………………………………
(إذا جلستم) أي أردتم الجلوس لأكل أو غيره والتقييد بالأكل في رواية للغالب (فاخلعوا نعالكم) أي انزعوها من أرجلكم (تسترح) أي تستريح وإن فعلتم ذلك تستريح (أقدامكم) فالأمر إرشادي ومحله الندب حيث لا عذر وخرج بالنعل الخف فلا يطلب نزعه ، نعم مثله قبقاب وتاموسة ومداس
…………………………………..
(إذا قرب) بضم أوله (إلى أحدكم طعامه) أي وضع بين يديه ليأكله وهكذا إن قرب تقديمه (وفي رجليه نعل فلينزع نعليه) ندبا قبل الأكل (فإنه أروح للقدمين) أي أكثر راحة لهما (وهو) أي نزعهما (من السنة) أي طريقة المصطفى صلى الله عليه وسلم وهديه فعليكم به والنزع : القلع كما مر
Makan adalah kebutuhan hidup yang sulit, bahkan mustahil secara akal untuk ditinggalkan. Siapa coba manusianya di dunia ini yang tidak butuh akan makan ? kalau ada berarti dia bukan MANUSIA, tapi MALAIKAT. Hehe
Disaat makan, tidak sedikit dari kita yang dalam keadaan memakai sandal dan sepatu. Tapi juga tidak jarang yang tanpa beralas kakikan sama sekali. Meski kesemuanya benar, hanya saja Rasululloh SAW mengajarkan kepada kita “ Bahwa disaat makan itu tata krama yang baik adalah dengan melepaskan sandal yang kita pakai “. Dalam sebuah riwayat disebutkan ;
اخلعوا نعالكم عند الطعام فإنها سنة جميلة
Lepaslah sandal kalian semua saat hendak (memakan) makanan. Sesungguhnya yang demikian itu adalah perilaku yang bagus.
إذا جلستم فاخلعوا نعالكم تسترح أقدامكم
Ketika kalian semua duduk, lepaskanlah sandal kalian, maka telapak kaki-telapak kaki kalian semua itu akan memperoleh kelegaan (kesenangan)
إذا قرب إلى أحدكم طعامه وفي رجليه نعل فلينزع نعليه فإنه أروح للقدمين وهو من السنة
Ketika makanan salah satu dari kalian didekatkan kepadanya, sedang dikakinya (masih memakai) sandal, maka lepaskanlah kedua sandalnya. Karena sesungguhnya yang demikian tersebut itu lebih bisa membuat lega terhadap telapak kaki-telapak kaki. Dan in merupakan bagian dari perilaku (Rasululloh SAW)
Di atas adalah beberapa riwayat yang menjelaskan tentang anjuran melepas sandal dikala makan.
Anjuran tersebut tidak bersifat mewajibkan, beliau hanya sekedar menunjukkan mengenai tata krama yang baik disaat makan. Ini diperkuat dengan riwayat lain yang berbunyi ;
أيها الناس إنما خلعت نعلي لأنه أروح لقدمي فمن شاء فليخلعها ومن شاء فليصل فيهما
Wahai para manusia, saya melepaskan sandalku tidak lain hanya karena hal tersebut itu lebih bisa membuat jadi lega telapak kakiku. Jadi, barang siapa menghendaki (untuk melepaskan), maka lepaskanlah sandalnya, dan barang siapa menghendaki (untuk tidak melepaskan), maka letakkanlah telapak kakinya dalam kedua sandalnya
Itu semua permasalan perihal sandal. Sedangkan kalau SEPATU, tidak ada anjuran untuk dilepas saat makan, karena akan terlalu ribet dalam melepaskan dan memakainya kembali.
FAIDH AL QADIIR, lii Muhammad Abdurrouf al Munawiy, juz.1, halaman.283, 420 & 534
(اخلعوا) بكسر الهمزة واللام أي انزعوا (نعالكم) وإن كانت طاهرة يقال خلع نعله إذا نزعه وفي القاموس الخلع كالمنع النزع إلا أنه فيه مهانة (عند الطعام) أي عند إرادة أكله (فإنها) أي هذه الخصلة التي هي النزع (سنة) أي طريقة وسيرة (جميلة) أي حسنة مرضية لما فيه من راحة القدم وحسن الهيئة والأدب مع الجليس وغير ذلك والأمر للإرشاد بدليل خبر الديلمي عن ابن عمر مرفوعا أيها الناس إنما خلعت نعلي لأنه أروح لقدمي فمن شاء فليخلعها ومن شاء فليصل فيهما. والنعل كما في المصباح وغيره الحذاء وهي مؤنثة وتطلق على التاسومة ولما كانت السنة تطلق على السيرة جميلة كانت أو ذميمة بين أنها جميلة هنا أي حسنة مرضية محبوبة وبذلك علم أن المراد بالسنة هنا المعنى اللغوي وإلا لما احتاج لوصفها بما ذكر وخرج بحالة الأكل حالة الشرب فلا يطلب فيها نزع النعل كما هو ظاهر ومثل النغل القبقاب ونحوه لا الخف فيما يظهر.
………………………………………
(إذا جلستم) أي أردتم الجلوس لأكل أو غيره والتقييد بالأكل في رواية للغالب (فاخلعوا نعالكم) أي انزعوها من أرجلكم (تسترح) أي تستريح وإن فعلتم ذلك تستريح (أقدامكم) فالأمر إرشادي ومحله الندب حيث لا عذر وخرج بالنعل الخف فلا يطلب نزعه ، نعم مثله قبقاب وتاموسة ومداس
…………………………………..
(إذا قرب) بضم أوله (إلى أحدكم طعامه) أي وضع بين يديه ليأكله وهكذا إن قرب تقديمه (وفي رجليه نعل فلينزع نعليه) ندبا قبل الأكل (فإنه أروح للقدمين) أي أكثر راحة لهما (وهو) أي نزعهما (من السنة) أي طريقة المصطفى صلى الله عليه وسلم وهديه فعليكم به والنزع : القلع كما مر